-->

Contoh Paragraf Sebab Akibat Tentang Pendidikan dan Narkoba

Contoh paragraf sebab akibat tentang pendidikan dan narkoba – Pembahasan kali ini kakak akan menyajikan contoh paragraf sebab akibat tentang pendidikan dan narkoba. Tidak hanya contohnya saja yang akan kakak bahas, tetapi pengertian dan ciri-cirinya pun akan kakak bahas. Berikut penjelasan lengkapnya.
Paragraf sebab akibat merupakan suatu paragraf yang dikembangkan dengan pola penulisan deduktif, yaitu pola yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Kalimat utama pada paragraf ini merupakan akibat dari sebab-sebab yang berupa hal khusus yang dikemukakan diawal paragraph.
Contoh Paragraf Sebab Akibat Tentang Pendidikan dan Narkoba
Ciri-ciri paragraf sebab akibat sebagai berikut.
1.. Kalimat utama paragraf sebab akibat terletak di akhir paragraf, sedangkan diawal paragraf berisi sebab-sebab yaitu hal-hal khusus.
2.. Kalimat utama merupakan simpulan atau akibat.
3.. Pada awal paragraf, sebab yang dikemukakan memiliki keterkaitan dengan akibat secara logis.
Contoh paragraf sebab akibat.
1. Contoh paragraf sebab akibat tentang pendidikan.

A.. Bantuan sarana dan prasarana pendidikan belum maksimal dan belum merata hingga ke pelosok negeri. Masih banyak sekolah dengan minim fasilitasdan gedung yang tidak layak pakai bahkan cenderung membahayakan karena hampir roboh. Bantuan uang tunjangan pendidikan bagi siswa kurang mampu pun ternyata masih belum sampai ke tangan yang semestinya menerima. Masih banyak siswa yang kurang mampu harus membayar biaya sekolah sedangkan siswa yang mampu justru mendapat beasiswa sekolah gratis. Itulah mengapa pendidikan di Indonesia sampai detik ini belum bisa dikatakan maju.

B.. Kedua orang tua Deni sangat peduli terhadap pendidikan. Deni tidak hanya mendapat pendidikan formal di sekolah, namun di rumah kedua orang tua Deni juga mengundang guru les agar Deni lebih paham mengenai materi yang dipelajari di sekolah. Deni sangat suka belajar. Kedua orang tua Deni mendukung segala kegiatan positif yang dilakukan Deni. Deni sangat suka bermain basket bersama teman-temannya, meskipun sangat senang bermain basket Deni tidak pernah lupa waktu untuk belajar. Kedua orang tuanya sangat menyayangi Deni, tapi tidak memanjakannya. Kini Deni tumbuh menjadi laki-laki yang sukses dan berbakti pada kedua orang tuanya.

C.. Aska adalah siswa yang sangat pemalas, tidak hanya pemalas ia juga pemarah dan sering berkelahi di kelas. Aska sangat membenci pelajaran Agama dan BK, ia juga sangat tidak suka jika ada yang menasihatinya. Ia selalu membantah perintah kedua orang tuanya. Dan sekarang Aska hanya bisa menyesal karena ia tidak dapat naik kelas.

2. Contoh paragraf sebab akibat tetang narkoba.
A.. Awalnya Sania hanya ditawari satu butir pil oleh temannya, Sania penasaran dan akhirnya mencoba. Meskipun dengan takut,ia tetap mencoba. Setiap Ada masalah Sania bukannya menyelesaikan masalahnya, namun Sania justru kembali meminum obat tersebut yang ternyata adalah salah satu jenis narkoba. Sania menjadi penyendiri, dan kerap kali menimbulkan masalah di kelas. Nilai Sania turun drastis, Sania kemudian dipanggil oleh guru BK untuk menghadap gurunya.Setelah dibujuk akhirnya Sania mengakui perbuatannya. Kini Sania harus dikeluarkan dari sekolahnya dan direhabilitasi, kedua orang tuanya sangat kecewa padanya.
B.. Narkoba tidak hanya merusak badan, tetapi juga merusak mental. Jika seseorang mengonsumsi narkoba organ-organ penting dalam tubuhnya akan rusak, meskipun rusak orang yang mengonsumsi narkoba tidak mampu untuk menghentikan kebiasaannya mengonsumsi narkoba, narkoba mengakibatkan ketergantungan. Mental seseorang yang mengonsumsi narkoba akan rusak, mereka tidak akan bisa berpikir jernih, dan pikirannya akan selalu terganggu. Karena bahayanya itulah kita dilarang keras mengonsumsi narkoba.    
Demikianlah contoh paragraf sebab akibat tentang pendidikan dan narkoba yang dapat kakak berikan. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Contoh Paragraf Sebab Akibat Tentang Pendidikan dan Narkoba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel