-->

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sekolah dan Korupsi

Contoh paragraf argumentasi tentang sekolah dan korupsi – Pada kesempatan kali ini kakak akan membahas mengenai paragraf argumentasi. Selain membahas pengertian dan ciri paragraf argumentasi, kakak juga akan memberikan contoh-contohnya. Contoh yang akan kakak berikan berkaitan dengan sekolah dan korupsi. Mengapa sekolah dan korupsi? Karena ada harapan ketika kakak meberikan contoh-contoh tersebut kalian sebagai generasi penerus bangsa agar senantiasa belajar dengan giat dan belajar untuk menghindari korupsi, karena korupsi akan menghancurkan bangsa.  Langsung saja kakak akan memberikan ulasan paragraf argumentasi sebagai berikut.
Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sekolah dan Korupsi
Paragraf argumentasi merupakan suatu paragraf yang memberikan penjelasan mengenai pendapat dengan berbagai alasan dan keterangan untuk meyakinkan pembaca. Pola yang digunakan dalam penulisan paragraf ini adalah sebab akibat.
Setelah kalian memahami pengertian paragraf argumentasi,  berikut kakak jelaskan ciri-ciri paragraf argumentasi.
1. Paragraf argumentasi berisi suatu kebenaran untuk mengubah keyakinan dan sikap seseorang tentang topik yang sedang dibahas.
2. Paragraf argumentasi berisi data berupa fakta-fakta yang mengandung kebenaran.
3. Cara menyampaikan penjelasan dalam paragraf argumentasi harus logis.
Berikut contoh paragraf argumentasi.
1. Contoh paragraf argumentasi tentang sekolah.

A. Minat membaca di Indonesia khususnya pada tingkat pelajar masih sangat minim. Hal ini terjadi karena masyarakat Indonesia beranggapan kegiatan membaca bukanlah suatu hal yang penting. Meskipun tingkat melek huruf sudah cukup tinggi namun hal ini belum mampu membuat masyarakat khususnya pelajar mencintai membaca. Contohnya saja ditemukan siswa pelajar kelas XII yang tidk dapat lulus UN karena tidak memenuhi syarat kelulusan pada mata pelajaran bahasa Indonesia, setelah ditanyai alasannya mengapa, siswa tersebut menjawab hal tersebut terjadi karena malas membaca soal. Padahal kebanyakan soal dalam bahasa Indonesia bentuknya adalah teks atau bacaan.

B. Bantuan pemerintah untuk pembangunan sekolah serta kesempatan siswa memperoleh pendidikan wajib 9 tahun ternyata masih belumsepenuhnya terealisasikan. Masih banyak sekolah-sekolah yang tidak layak dianggap sebagai sekolah, bukan karena guruserta siswanya yang tidak semangat, namun sarana dan prasarana pendidikan masih sangat memprihatinkan. Banyaksekolah-sekolah khususnya di pelosok negeri yang belum tersentuh bantuan pemerintah, mereka tetap melakukan kegiatan belajar mengajar meskipun tanpa atap atau di gubug-gubug yang mereka bangun bersama masyarakat sekitar. Selain itu bantuan pemerintah dalam mendukung generasi bangsa dalam memperoleh haknya mengenyam pendidikan pun masih peru dipertanyakan, bisakita lihat masih banyak siswa yang putus sekolah dan memilih untuk bekerja padahal usia mereka masih di bawah umur.


C. Kekerasan di dalam sekolah ternyata masih kerap terjadi. Tidak hanya kekerasan antar pelajar seperti tawuran, dan lain sebagainya. Namun kekerasan juga terjadi antara guru dan pelajar. Hal ini banyak kita saksikan baik di lingkungan kita maupun berita di televisi. Perlu disadari tugas guru adalah sebagai pendidik, dibutuhkan kesabaran untuk mendidik khususnya pada pelajar yang membutuhkan perhatian khusus. Mendidik tidakharus dengan cara kekerasan, karena biasanya pelajar atau siswa yang “nakal” hanya membutuhkan sedikit perhatian untuk bias berubah lebih baik.
 
2. Contoh paragraf argumentasi tentang korupsi.
A.. Korupsi merupakan alat penghancur bangsa. Karena korupsi tidak hanya merugikan bangsa dalam bentuk uang Negara namun juga mental bangsa. Korupsi merupakan suatu kegiatan yang salah dengan menyelewengkan dana baik untuk kepentingan pribadi maupun orang lain. Tindak korupsi haruslah dimusnahkan dengan semakin ditegakkannya hokum di Indonesia dan meningkatkan kesadaran untuk mencintai bangsa dengan anti terhadap korupsi.

B.. Tindakan hukum yang dilakukan di Negara Indonesia terhadap kasus korupsi nampaknya masih sangat kurang.Terbukti dengan sampai saat inimasih saja bermunculan kasus korupsi khususnya yang dilakukan para pejabat DPR. DPR merupakan Dewan Perwakilan Rakyat yang seharusnya menjadi wakil rakyat dan membela rakyat, bukan yang menyelewengkan dana rakyat untuk kepentingan pribadi. Lalu jika sudah begitu akan dibawa kemana nasib rakyat? Jika pejabatnya saja sudah lalai dalam melaksanakan kewajibannya.


C.. Korupsi tidak hanya dilakukan oleh pejawabat tinggi saja. Tindak korupsi juga sering dilakukan oleh dosen atau guru dan orang pada umumnya. Ketika kewajiban mereka mengajar, mereka justru datang terlambat hingga berjam-jam dengan berbagai macam alasan klasik,bukankan hal tersebut termasuk korupsi waktu? Selain datang terlambat, sering kali mereka pulang lebih cepat dari aturan jam kepulangan kerja. Misalnya saja aturan dari pemerintah jam pulang kerja adalah pukul 15.00. Mereka pulang pukul 14.00 dengan alasan pekerjaan mereka sudah beres. Aturan adalah aturan dan harus ditegakkan jika aturan tersebut dilanggar berarti mereka telah melakukan korupsi. Mereka dibayar untuk bekerja sampaipukul 15.00 tapi mereka justru pulang lebih awal. Korupsi adalah kegiatan melawan hokum dengan menyalahgunakan wewenang yang tujuannya memperkaya diridan orang lain dan  merugikan ekonomi Negara atau suatu instansi.
Demikian contoh paragraf argumentasi tentang sekolah dan korupsi yang dapat kakak sampaikan, semoga bermanfaat. 

0 Response to "Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sekolah dan Korupsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel