-->

Contoh paragraf persuasi tentang lingkungan

Contoh paragraf persuasi tentang lingkungan – Pada intinya isi dari paragraf persuasi adalah paragraf yang isinya berupa kalimat-kalimat yang membujuk seseorang untuk melakukan sesuatu. Pada paragraf persuasi didukung dengan informasi berupa fakta atau realita yang ada sehingga para pembaca bisa menjadi tertarik. Baca pengertian paragraf persuasi secara lengkap
Contoh paragraf persuasi tentang lingkungan
Contoh paragraf persuasi tentang kebersihan lingkungan :
Tinggal di kota yang padat seperti di Jakarta setiap setiap individu sebaiknya menjaga kebersihan lingkungan. Salah satu cara yang paling mudah dalam menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Seperti halnya saat musim penghujan diberbagai pintu air yang ada di Jakarta dipenuhi dengan tumpukan sampah yang tidak enak dipandang. Hal ini sering mengakibatkan air meluap dan banjir di daerah pemukiman. Sampah yang dibuang sembarangan akan menyumbat aliran air pada selokan. Ketika hujan tiba akan menyebabkan banjir karena air tidak dapat mengalir pada selokan. Untuk itu marilah kita senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

Contoh paragraf persuasi tentang lingkungan sekolah :
Sekolah yang bersih akan membuat nyaman bagi seluruh warga sekolah. Saat ini masih bayak sekolah-sekolah yang siswanya masih kurang sadar akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Ketika bel istirahat pertama di sekolah bisa terlihat begitu banyak sampat berserakan di depan kelas maupun di depan kantin sekolah. Kepada para siswa hendaknya bisa membuang sampah pada tempat yang telah disediakan oleh sekolah. Setiap kita membuang sampah pada tempatnya akan bernilai pahala. Nah bagaimana kalau kita membuang sampah tidak pada tempatnya? Tentu hal tersebut bertentangan dengan agama dan norma yang ada di sekolah.

Contoh paragraf persuasi tentang sampah :

Pada umumnya sampah dibedakan menjadi dua yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Diberbagai negara maju, setiap rumah tangga wajib memilah sampah organik dan anorganik dengan membuang sampah pada tempat sampah organik dan tempat sampah anorganik. Bagaimana dengan di Indonesia? Saat ini belum terasa efeknya dan bagi masyarakat di pedesaan belum mengenal kedua jenis sampah tersebut. Mereka masih membuang sampah dengan mencampurkan sampah organik dan sampah anorganik bahkan masih membuangnya secara sembarangan seperti di sungai. Bagaimana mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih kalau kita belum membuang sampah pada tempatnya? Tentu hal ini tidak akan terwujud. Untuk itu kita harus bisa membuang sampah pada tempatnya dan memilah sampah organik dan anorganik sehingga sampah tersebut bisa didaur ulang.

0 Response to "Contoh paragraf persuasi tentang lingkungan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel