-->

4 contoh paragraf deduktif tentang lingkungan

Pak guru akan memberikan contoh paragraf deduktif tentang lingkungan. Masih ingatkan tentang paragraf dedeuktif? Paragraf deduktif merupakan paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf. Jadi menjelaskan dari hal yang umum menjadi hal yang khusus. Perhatikan baik-baik contoh paragraf berikut ini.
4 contoh paragraf deduktif tentang lingkungan
1. Menjaga kebersihan lingkungan sangat dianjurkan agar hidup kita bisa sehat. Sebagai contoh penerapan kebersihan lingkungan sekolah setiap hari jumat siswa diarahkan untuk kerja bakti sebelum pelajaran. Di lingkungan masyarakat, usaha kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan mengadakan kerja bakti dua minggu sekali pada hari minggu.
2. Cara untuk mencegah nyamuk demam berdarah bisa dilakukan dengan tiga M. Maksud “M” yang pertama adalah dengan menutup tempat penampungan air. “M” yang kedua adalah mengubur barang-barang bekas. “M” yang ketiga adalah menguras tempat penampungan air.
3. Menjaga kebersihan lingkungan rumah sangatlah penting. Akibat kurangnya menjaga kebersihan lingkungan rumahnya masing-masing dapat mengakibatkan berbagai penyakit seperti penyakit demam berdarah. Sampah-sampah yang berserakan di dalam selokan dapat menyebabkan aliran air tidak mengalir sehingga menjadi tempat tumbuhnya nyamuk dan bakteri.
4. Setiap rumah tangga hendaknya memilah sampah organik dan anorganik. Contoh sampah organik di rumah tangga seperti sampah sisa sayuran, kulit buah, dan sebagainya. Contoh sampah anorganik seperti bungkus makanan dari plastik. Kita bisa memanfaatkan sampah organik untuk pupuk. Sedangkan sampah anorganiknya bisa kita jadikan barang kreasi dari bahan bekas.
Demikianlah 4 contoh paragraf deduktif tentang lingkungan. Semoga bermanfaat :)
Baca juga contoh paragraf induktif

0 Response to "4 contoh paragraf deduktif tentang lingkungan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel