-->

Contoh teks pidato singkat tentang bahaya merokok

Pak guru akan memberikan contoh teks pidato singkat tentang bahaya merokok. Khusus buat adik-adik yang merokok, coba deh dipikirkan apa yang kamu dapatkan dari merokok itu? Apakah manfaatnya lebih banyak dibandingkan keburukannya? Nah apa bisa kalian berhenti merokok?
Contoh pidato berikut ini berisi himbauan agar para pemuda tidak merokok. Ironis sekali melihat wajah Indonesia yang saat ini para pemudanya yang banyak merokok. Anak SD jaman sekarang saja sudah banyak yang merokok. Untuk itu mari kita mengingatkan kepada teman-teman kita tentang bahaya merokok itu apa saja.

Asalamualaikum wr wb
Kepada yang terhormat bapak Yatmono, S.Pd selaku guru bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Gumelar
Teman-temanku yang saya cintai
Mari kita mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita bermacam-macam nikmat yang tiada terhitung oleh kita. Alhamdulillah kita bisa berkumpul di ruangan ini dengan sehat dan tidak ada halangan apapun.
Shalawat dan salam mari kita haturkan kepada Rosulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wasalam.

Hadirin yang berbahagia
Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan sepatah dua patah kata tentang bahaya merokok.
Melihat kondisi sekarang ini para pemuda kita sedari SD sudah mulai merokok. Hal tersebut karena pengaruh lingkungan dari teman-temannya yang mengajarkan mereka untuk merokok. Katanya kalau lelaki tidak merokok itu “tidak gaul”. Demikianlah apa yang sering mereka ucapkan itu agar temannya mau merokok.
Sebenarnya kalau kita lihat, pada bungkus rokok itu sendiri sudah tertulis bermacam-macam bahaya bagi perokok. Namun hal tersebut tidaklah berpengaruh bagi perokok. Zat pada rokok mengandung zat yang dapat membuat orang kecanduan. Selain itu, rokok mengandung kurang lebih 4000 zat kimia yang dapat menyebabkan kanker bagi kita. Berikut contoh zat yang berbahaya pada rokok antara lain :
1. karbonmonoksida. Membicarakan karbonmnoksida ini selain pada kendaraan bermotor, juga terdapat pada rokok. Efek buruk dari zat ini adalah mengikat gas oksigen pada hemoglobin sehingga pada perokok menyebabkan malas dan lelah.
2. Tar. Zat tar ini lama kelamaan akan menumpuk di dalam paru-paru dan akan mengganggu kerja dari rambut kecil yang ada di dalam paru-paru sehingga paru-paru kita akan mudah terserang penyakit lain seperti kanker paru-paru dan TBC.
3. Gas oksidan. Gas ini akan mengakibatkan perokok mudah terserang stroke dan terjadi penggumpalan darah.
4. Benzen. Zat ini dapat menyebabkan kanker ginjal dan leukemia.

Hadirin yang berbahagia..
Para ulama saat ini sudah memfatwakan bahwa rokok itu haram. Mengapa demikian? Karena rokok menyebabkan perokok mengalami kerugian dari segi kesehatan dan bagi temannya yang merokok juga akan mengalami kerugian yang sama yaitu dari segi kesehatan.
Kalau kita mau berpikir yang jernih, teman-teman mungkin sadar bahwa kalau kita membeli rokok itu sama saja dengan membakar uang. Bayangkan coba satu bungkus rokok itu harganya Rp15000 setelah dihisap kemudian menjadi asap. Itu sama halnya dengan membakar uang Rp15000.

Hadirin yang berbahagia..
Saya berbesan kepada diri saya pribadi dan kepada teman-teman seyogyanya kita tidak merokok. Bagi teman-teman yang sudah merokok cobalah untuk berhenti. Hal ini juga untuk kebaikan diri kita sendiri dan teman-teman.
Demikian pidato yang saya sampaikan, mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan di hati.
Wasalamualaikum wr wb.

Demikianlah contoh teks pidato singkat tentang bahaya merokok. Semoga menginspirasi adik-adik di rumah. Baca juga contoh pidato perpisahan kelas XII SMA

0 Response to "Contoh teks pidato singkat tentang bahaya merokok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel