-->

Contoh pidato singkat tentang narkoba

Sebelum memberikan contoh pidato singkat tentang narkoba, terlebih dahulu saya sampaikan kerangka pidato tentang bahaya narkoba. Tujuan dari kerangka pidato itu sendiri adalah agar kita mudah dalam membuat pidato. Kita tinggal mengembangkan kerangka tersebut menjadi sebuah pidato yang bagus untuk disampaikan kepada pendengar.
Contoh pidato singkat tentang narkoba
Kerangka pidato bahaya narkoba :
1. Sambutan
2. Pengertian narkoba
3. Proses penyebaran narkoba
4. Dampak narkoba bagi yang mengkonsumsinya
5. Cara menghindari narkoba
Setelah membuat kerangka, berikut ini contoh pidato singkat tentang narkoba yang telah saya buat di rumah :
Bahaya Narkoba
Asalamualaikum wr. Wb.
Yth. Bapak Saryono selaku guru mata pelajaran bahasa indonesia SMA Negeri 1 Semarang
Teman-tmanku yang saya cintai dan saya banggakan.
Marilah kita mengucapkan rasa syukur kita kepada Tuhan yang Maha Esa Allah subhanahu wata’ala yang telah memberikan nikmat sehat, sehingga kita bisa berkumpul di kelas ini tanpa ada halangan apapun.
Tidak lupa mari kita sampaikan shalawat dan salam kita kepada Nabi akhir zaman yang akan merupakan rahmat seluruh alam yaitu Rosulullah Muhammad shalallahu alaihi wasalam. Semoga kita dapat bersama beliau di akhirat nanti.
Teman-temanku yang berbahagia
Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato yang singkat ini. Saya akan menyampaikan pidato ini dengan judul BAHAYA NARKOBA. Saat ini yang sedang heboh di negeri kita adalah tertangkapnya bandar narkobal kelas internasional. Sebelumnya dihebohkan juga dengan eksekusi mati para pengedar narkoba.
Teman-temanku yang berbahagia
Saya akan menyampaikan apa itu narkoba terlebih dahulu. Menurut wikipedia, narkoba merupakan kepanjangan dari narkotika dan obat-obatan berbahaya. Kata narkoba ini diperkenalkan oleh kementrian kesehatan kita. Narkotika juga disebut sebagai napza yang kepanjangan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif. Dampak buruk narkoba jika sering dikonsumsi oleh seseorang adalah menjadi kecanduan. Dalam bidang kedokteran, narkoba atau napza ini digunakan sebagai obat bius pada saat operasi pasien di rumah sakit.
Ada banyak sekali jenis narkoba. Jenis narkoba yang terkenal adalah shabu-shabu, opium, kokain, dan tanaman ganja. Untuk penyebaran narkoba di Indonesia sudah terdapat jaringan mafia internasional yang sudah ditangkap. Alhamdulillah polisi kita kemarin berhasil menangkap bandar narkoba dari Australia.
Saat ini pengedarnya bukan hanya mafia, melainkan anak yang masih duduk dibangku sekolah sudah menjadi pengedar. Seperti anak SMP, SMA, dan anak kuliah banyak yang sudah menjadi kurir narkoba dan pengguna narkoba.
Berikut ini beberapa dampak narkoba bagi pengguna :
1. Jika sering dikonsumsi akan membuat pengguna menjadi kecanduan. Berawal dari kecanduan, lama-kelamaan organ tubuh kita akan rusak dan mengakibatkan kematian. Tidak jarang orang yang kecanduan narkobat memiliki tubuh yang kurus dan tidak bertenaga.
2. Narkoba memiliki zat aditif yang memiliki efek kecanduan. Secara tidak sadar, saraf-saraf yang menuju otak akan putus sehingga orang tersebut tidak bisa berpikir dengan baik dan cenderung emosional jika diajak berpikir.
3. Narkoba memiliki sifat depresan yang artinya dapat sebagai obat penenang tapi hanya sementara.
4. Narkoba memberikan efek buruk terhadap kerja jantung yang cepat.
5. Narkoba memberikan efek halusinasi.
Teman-temanku yang berbahagia
Bagi penggedar narkoba dapat diganjar dengan kurungan 15 tahun penjara dan maksimal seumur hidup. Sedangkan bagi penggunanya juga diganjar hukuman 12 tahun penjara.
Saya mengajak kepada pribadi saya dan teman-teman untuk menjauhi narkoba. Tidak ada untungnya kalau kita mengkonsumsi narkoba. Narkoba malah merusak impian kita dan merusak kesehatan kita. Jika bangsa pemuda bangsa indonesia ini sudah rusak oleh narkoba, bagaimana dengan nasib bangsa kita yang kelak akan berada di tangan kita?
Demikianlah pidato saya yang singkat ini, semoga bermafaat bagi teman-teman. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf.
Bilahi taufik wal hidayah

Wasalamualaikum wr wr

0 Response to "Contoh pidato singkat tentang narkoba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel