-->

Contoh pidato singkat tentang global warming

Pak guru akan memberikan contoh pidato singkat tentang global warming (pemanasan global). Saat ini memang bumi kita sudah mengalami pemanasan global. Tanda yang mudah kita kenali adalah saat ini terjadi perubahan musim yang tidak menentu. Akibatnya para petani banyak mengalami kerugian karena mereka sudah terbiasa kalau bulan-bulan tertentu untuk menanam pertanian.
Contoh pidato singkat tentang global warming

Yuk langsung saja kita simak pidato singkat tentang pemanasan global (global warmig) :
Asalamualaikum wr wb
Kepada yang terhormat guru bahasa indonesia SMA Negeri 1 semarang, bapak Maryanto, M.Pd
Teman-temanku yang saya cintai dan yang berbahagia,
Mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah membrikan kita berbagai kenikmatan. Alhamdulillah kita bisa berkumpul di ruang kelas ini dengan sehat wal’afiat.
Shalawat dan salam mari kita haturkan kepada Rosulullah Muhammad shalallahu alaihi wasalam.
Teman-temanku yang berbahagia.
Saat ini cuaca di siang hari sudah sangat panas. Berbeda dengan jaman dahulu suasana di siang hari tidak begitu panas. Di jaman yang modern ini, kendaraan sudah bertambah banyak. Bahkan di kota-kota besar seperti Jakarta, Semarang, dan Makasar sudah terbiasa macet kalau jam berangkat kerja dan jam pulang kerja.
Lahan pertanian juga semakin sempit. Tanah yang tadinya sawah sekarang sudah berubah menjadi pemukinan penduduk dan area pabrik. Beberapa hal itulah yang menyebabkan peristiwa pemanasan global yang disebabkan oleh tindakan manusia.
Teman-temanku yang berbahagia.
Dari berbagai penelitian, saat ini es di kutub utara sudah banyak yang mencari. Kemudian air laut juga semakin meninggi. Sehingga banyak terjadi rob diberbagai daerah pesisir. Saat ini kalau kita lihat di televisi sudah digembor-gemborkan terjadinya pemanasan global. Pihak swasta dan pemerintah banyak yang menggiatkan masyarakat untuk mengurangi pemanasan global dengan penanaman pohon di lingkungan rumah dan penanaman kembali hutan yang gundul.
Teman-temanku yang berbahagia,
Terjadinya pemanasan global akibat jumlah gas karbondioksida yang semakin meningkat sehingga terjadi efek rumah kaca. Efek rumah kaca inilah yang menyebabkan suhu bumi semakin meningkat. Pantulan sinar matahari tidak bisa keluar dari atmosfer bumi karena tertutup oleh gas karbondioksida tersebut. Hutan (tumbuhan) yang menguraikan karbondioksida menjadi gas oksigen saat banyak ditebang sehingga volume karbondioksida juga semakin meningkat.
Teman-temanku yang berbahagia.
Saya mengajak diri saya dan teman-teman untuk ikut berpartisipasi untuk mencegal atau meminimalisir terjadinya pemanasan global dengan cara sebagai berikut:
1. Menggunakan sepeda motor ketika benar-benar butuh
2. Menggunakan sepeda untuk keperluan yang dekat
3. Menanam pohon dipekarangan rumah kita
4. Menghemat pemakaian listrik
5. Membuang sampah pada tempatnya dan tidak dibakar
Demikianlah apa yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. Apabila ada tutur kata yang kurang sopan saya mohon maaf.
Akhir kata, billahi waufik wal hidayah wasalamualaikum wr wb

Bagaimana dengan pidatonya? Bagus tidak? Kalau bagus bisa dishare di facebook yah. Selamat belajar. Baca juga contoh pidato tentang bahaya narkoba

0 Response to "Contoh pidato singkat tentang global warming"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel