-->

3 Contoh Paragraf Analogi dan Pengertiannya

Contoh paragraf analogi – Pembahasan kali ini yang bisa kakak berikan adalah mengenai paragraf analogi. Tujuan dari pembahasan paragraf analogi ini agar kalian lebih paha paragraf m lagi dan juga pastinya penjelasan kakak akan menambah koleksi pengetahuan kalian mengenai paragraf. Apa itu paragraf analogi? Analogi berarti perbandingan. Jadi paragraf analogi merupakan suatu paragraf yang membandingkan antara dua  hal yang mempunyai kesamaan yang kemudian disimpulkan di akhir paragraf. Paragraf analogi ini memiliki pola paragraf induktif.
3 Contoh Paragraf Analogi dan Pengertiannya
Karena polanya induktif begini gambaran pola paragraf analogi.
Khusus – khusus – Umum
Berikut merupakan ciri-ciri paragraf analogi.
1. Paragraf analogi membandingkan dua hal yang dianggap memiliki kesetaraan yang seimbang. Hal yang dapat dibandingkan misalnya kejadian, benda, keadaaan, atau proses.
2. Kalimat penjelas pada paragraf analogi biasanya berupa persamaan yang dimiliki oleh dua hal yang dianggap sama.
3. Kalimat utama pada pargaraf analogi terletak pada bagian akhir paragraf, disebut juga simpulan. Simpulan ini merupakan penjelas dari ide awal yang telah dikemukakan.
Contoh-contoh paragraf analogi.
1. Analogi antara otak manusia dengan sebilah golok.

Otak manusia sama halnya dengan sebilah golok. Semakin sering otak jika diasah dengan belajar semakin pintar kita, sama halnya dengan golok semakin sering kita asah akan semakin tajam. Tapi sebaliknya jika kita malas untuk belajar semakin bodohlah kita, laksana golok yang karatan tidak akan berguna. Jika kita pandai kita akan menjadi orang yang berguna. Oleh karena itu sering-seringlah kita belajar agar kelak menjadi orang yang berguna.

2. Analogi antara kebohongan dengan bangkai.

Kebohongan ibarat bangkai, sepandai pandainya kita menutupi kebohongan maka akan terbongkar juga. Seperti halnya bangkai, meskipun kita mampu menutupi bangkai, maka baunya akan tercium juga. Maka dari itu dalam sebuah kehidupan hendaknya kita selalu jujur dalam berkata, karena ibarat bangkai kebohongan cepat atau pun lambat akan tercium bau busuknya, akan ketahuan juga. Sekali kita melakukan kebohongan pasti kita akan merugi.
3. Analogi antara suasana hati seseorang dengan musim.

Suasana hati seseorang ibarat musim. Terkadang suasana hati bahagia, sedih, dan lain-lain, sama halnya dengan musim di dunia ini ada beragai musim yang selalu berganti-ganti. Suasana hati bergantung dari bagaimana seseorang tersebut mampu mengatur emosinya. Terkadang suasana hati seseorang mampu megacaukan segalanya,misalnya dalam pekerjaan, jika suasana hati sedang senang atau gembira maka mengerjakan sesuatu terasa ringan. Maka dari itu berusahalah mengontrol suasana hati agar tercipta hidup yang menenangkan.

Nah demikian contoh paragraf analogi beserta penjelasan paragraf analogi yang dapat kakaksajikan untuk kalian,mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menambah ilmu kalian. semangat belajar dan sampai jumpa di pembahasan berikutnya.

0 Response to "3 Contoh Paragraf Analogi dan Pengertiannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel