-->

34 contoh kalimat baku dan kalimat tidak baku dalam kehidupan sehari-hari

Berikut ini contoh kalimat baku dan kalimat tidak baku dalam kehidupan sehari-hari
contoh kalimat baku dan kalimat tidak baku dalam kehidupan sehari-hari
1. Kalimat tidak baku : kaum wanita-wanita
Kalimat baku : kaum wanita
2. ktb : kita menanti hubungan dengan London
Kb : kita menantikan hubungan dengan London
3. Bab X belum pernah dipelajarkan
Bab X belum pernah diajarkan
4. Buku ini ditulis oleh saya
Buku ini saya tulis
5. Bank dunia bantu negara-negara bekembang
Bank dunia membantu negara-negara berkembang
6. Bagian agen-agen
Bagian agen
7. Besuk tanggal 17 Februari sekolah libur
Besok tanggal 17 Februari sekolah libur
8. Bajunya kebesaran
Bajunya terlalu besar
9. Atas perhatiannya kami haturkan terima kasih
Atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih
10. angin berembus dari arah timur dengan kecepatan keras
Angin berembus dari timur dengan kecepatan tinggi.
11. Kantor dimana ia bekerja tidak jauh dari tempat tinggalnya
Kantor tempat ia bekerja tidak jauh dari tempat tinggalnya
12. Kepada segenap hadirin diminta berdiri sejenak
Hadirin diminta berdiri sejenak
13. Kami akan laporkan hal itu kepada yang berwajib
Akan kami laporkan hal itu kepada yang berwajib
14. Kemerdekaan telah diproklamirkan
Kemerdekaan telah diproklamasikan
15. Kumpulan benda-benda
Kumpulan benda
16. Kami akan kirimkan pesanan Saudara
Kami akan mengirimkan pesanan Saudara
17. Kesemuanya itu khayalan belaka
Semuanya itu khayalan belaka
18. Kalau tidak ada aral, tahun depan saya akan pergi ke newyork
Kalau tidak ada aral, tahun depan saya akan pergi ke New York
19. Lagu itu adalah merupakan hasil ciptaannya yang terbaik
Lagu itu merupakan hasil ciptaannya yang terbaik
20. Ledeng itu mengalir terus
Air ledeng itu mengalir terus

21. Langganan dengan siapa menjual barang-barang kelontong telah tiada
Langganan tempat saya menjual barang-barang kelontong telah tiada
22. Kalau ingin berhasil, acuhkanlah nasihat orang-tuamu
Kalau ingin berhasil, jangan kau abaikan nasihat orang-tuamu
23. Kata ibu, “Saya tidak kedengaran, yang keras suaranya!”
Kata ibu, “Saya tidak mendengar, keras-keras berbicara!”
24. Kakak membisikkan adik supaya hati-hati
Kakak membisikkan kata hati-hati kepada adik
25. Kabar tentang nenek sakit saya sudah sampaikan
Kabar nenek sakit sudah saya sampaikan
26. Karena direkturnya jujur sehingga perusahaan roti itu maju
Perusahaan roti itu maju karena direkturnya jujur
27. Kemarin ayah dari Manila
Kemarin ayah datang dari Manila
28. Kenapa Anda kemarin tidak datang?
Mengapa Anda kemarin tidak datang?
29. Mereka sedang membahas tentang hal usul itu
Mereka sedang membahas hal usul itu
30. Membalas surat Bapak yang lalu isinya tentang pesanan buku-buku telah kami terima
Surat Bapak yang lalu berisi pesanan buku-buku telah kami terima
31. Menurut berita yang saya dengar, ia akan mendapat penghargaan ini hari
Menurut berita yang saya dengar, ia akan mendapat penghargaan hari ini
32. Meskipun hari hujan, tetapi ia pergi juga hadir rapat
Meskipun hari hujan, tetapi ia pergi juga menghadiri rapat
33. Mereka mendiskusikan tentang bayi tabung
Mereka mendiskusikan masalah bayi tabung
34. Mereka berdiskusi masalah AIDS
Mereka berdiskusi tentang AIDS
Demikianlah contoh kalimat baku dan kalimat tidak baku dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat J

0 Response to "34 contoh kalimat baku dan kalimat tidak baku dalam kehidupan sehari-hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel