-->

Pengertian Fabel, Unsur Intrinsik Fabel , Struktur Teks Fabel

Pengertian Fabel dan Tujuan Fabel
Pengertian fabel – Fabel berasal dari bahasa latin yaitu fabulat. Isi dari fabel adalah cerita tentang kehidupan binatang yang perilakunya mirip dengan manusia. Kemudian kita bisa mengambil pelajaran dari cerita fabel. Fabel termasuk kategori cerita fiksi atau khayalan. Cerita fabel sering disebut juga cerita moral karena isi dari fabel sangat erat kaitannya dengan kehidupan moral manusia.
Pengertian Fabel, Unsur Intrinsik Fabel , Struktur Teks Fabel
Tokoh yang ada di fabel adalah binatang. Binatang-binatang tersebut pada cerita fabel dikaitkan dengan sifat yang ada pada manusia. Karakter pada cerita fabel ada yang baik dan ada yang kurang baik atau berperilaku jahat. Mereka mempunyai sikap jujur, pemberani, sopan, jahat, adu domba, licik, suka menipu,cerdik atau pintar, dan melakukan tindakan yang terpuji. Cerita fabel disajikan untuk anak-anak, tetapi berlaku juga untuk orang dewasa.
Struktur Teks Fabel
Teks fabel memiliki awal cerita, konflik, mulai muncul masalah, dan resolusi atau solusi dari permasalahan yang diungkap. Yang terakhir adalah koda yaitu cerita yang isinya terdapat pesan moral atau amanat yang disampaikan kepada pembaca.
Unsur Intrinsik Fabel
Teks fabel merupakan bagian dari karya sastra fiksi yaitu dongeng yang termasuk dalam prosa. Prosa memiliki unsur intrinsik karya sastra seperti :
1. Tema atau pokok cerita
2. Alur yaitu jalan cerita atau plot yang terdiri dari alur maju, alur mundur, dan campuran (alur maju dan alur mundur).
3. Latar atua setting terdiri dari suasana, waktu, tempat
4. Penokohan terdiri dari protagonis yang sejalan dengan pembaca, antagonis sebagai tokoh yang berlawanan dengan protagonis, dan tritagonis sebagai tokoh yang tidak memihak manapun atau sebagai tokoh yang berdiri sendiri. Untuk watak dari perilaku tokoh tentang apa yang diceritakan pengarang dan apa yang diceritakan oleh tokoh lain.
5. Sudut pandang adalah cara pandang seorang pengarang atau pembaca dalam cerita. Sudut pandang dibagi menjadi dua yaitu sudut pandang pertama dengan kata ganti aku, saya, kami, dan kita. Sudut pandang ketiga dengan kata ganti mereka, nya, ia, dan dia.

6. Amanat adalah pesan yang disampaikan oleh pengarang kepada pembaca fabel.

0 Response to "Pengertian Fabel, Unsur Intrinsik Fabel , Struktur Teks Fabel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel